Jumat, 29 Juni 2012

Cara Optimal Setting Domain Untuk 301 Permanen Redirect

0 komentar

Cara Optimal Setting Domain Untuk 301 Permanen Redirect



Domain rediret 301 permanen adalah mengarahkan sebuah domain ke domain lainnya yang sifatnya permanen. Ini biasanya dilakukan ketika seorang webmaster ingin mengganti domain lama dengan domain yang baru dan supaya semua trafik teralihkan ke domain baru tersebut, maka dilakukan setting 301 permanen redirect pada domain yang lama tersebut. Bahkan sebenarnya dilihat dari pandangan seo, domain redirect ini tidak saja bisa dimanfaatkan untuk mengalihkan trafik saja, namun seluruh efek backlink, efek trustrank maupun efek pagerank yang dimiliki domain lama akan secara otomatis juga bisa dialihkan ke domain baru ini tentunya dengan melakukan beberapa setting advance terutama pada Google Webmaster Tools. Melalui cara ini juga biasanya para pemain seo melakukan boosting efek seo pada sebuah domain baru dengan menggunakan domain lama yang sudah berumur, berpagerank dan memiliki backlink agar sebuah domain baru lebih mudah dioptimasi dari segi seo serta tidak mudah terkena efek sandbox ataupun banned oleh Google ketika langsung melakukan optimasi seo secara ekstrem. Lebih jelas mengenai redirec domain ini silahkan baca penjelasannya di Wikipedia.
Nah…disini saya akan bahas bagaimana melakukan setting 301 permanen redirect pada domain lama Anda jika akan mengarahkannya ke domain baru agar efek-efek seo yang saya jelaskan di atas benar-benar berfungsi dan berefek pada domain baru Anda selain trafik tentunya. Disini saya akan menggunakan domain blogmotivasi.info yang sebelumnya digunakan custom domain blogspot dengan blog bertema blog motivasi yang akan saya redirect 301 ke blog ini sebagai contohnya.
Berikut tutorialnya….
  • Siapkan kedua domain yaitu yang baru dan yang lama serta daftarkan serta verifikasikan di Google Webmaster Tools terlebih dahulu.
  • Siapkan hosting kemudian Addon domain yang akan diredirect ke hosting Anda dan Setting nameservernya menggunakan nameserver hosting Anda.
addon domain
addon domain sukses
  • Kemudian di Cpanel hosting, pilih redirect pada box domain dan redirect domain lama dengan permanent(301) dan arahkan ke domain baru. Setelah selesai, coba akses domain Anda dan pastikan mengarah ke domain yang baru dengan lancar.
redirect domain di Cpanel
redirect 301 permanen domain di Cpanel
redirect 301 permanen domain di Cpanel sukses
Sampai disini sebenarnya setting permanen redirect sudah selesai, namun supaya lebih ngefek dari segi seo terutama domain lamanya agar diberikan semuanya ke domain baru, maka ada beberapa langkah setting yang perlu dilakukan yaitu setting di Google Webmaster Tools.
Anda ingat kan mengapa saya memberikan instruksi agar mendaftarkan dan memverifikasi domain di akun Google Webmaster Anda sebelumnya? inilah yang paling diperlukan agar efek seo domain lama bisa beralih dengan baik dan satu lagi…pastikan dalam mendaftarkan kedua domain dalam satu akun Google Webmaster yang sama karena teknik ini harus dilakukan dengan domain yang pemiliknya sama dalam akun Google Webmaster Tools agar sukses.:)
Lanjut….kita mulai setting penyempurnaan redirect ini di Google Webmaster Tools.
  • Pilih domain yang akan diredirect 301 di akun GWT Anda.
setting redirect di Google Webmaster Tools
  • Pada bagian dasbor domain lama, pilih “Perubahan Alamat” pada bagian “Konfigurasi Situs”.
konfigurasi perubahan alamat
  • Pada bagian no.4 masukkan domain baru Anda dimana domain lama akan diredirect 301 permanen ini kemudian klik save.
Setting domain baru
  • Setelah selesai, jika redirect sukses maka akan terlihat tampilan berikut.
Perubahan alamat domain sukses
Nah…selamat! Anda baru saja sukses melakukan redirect 301 permanen domain lama menuju domain baru Anda dan trafik akan langsung terarah ke domain baru serta efek seo domain lama pun akan dialihkan ke domain baru dalam waktu beberapa minggu oleh Google. Setelah itu, silahkan lakukan optimasi seo domain baru Anda layaknya melakukan optimasi pada domain lama.
Bagaimana dengan Anda, apakah pernah mengganti domain lama dengan domain baru untuk blog Anda? apakah Anda sebelumnya melakukan cara ini untuk melakukan optimasi seo pada sebuah domain baru?

Leave a Reply