Minggu, 29 Juli 2012

Belajar android untuk pemula

0 komentar
Cara Instal Android Di Eclipse

Ok, kita langsung masuk aja ke pembahasan cara instalasi eclipse dan android, sebelumnya sobat download dahulu bahan-bahan (software) yang diperlukan dalam instalasi android di eclipse ini.

  1. SDK java bisa di download disini.
  2. Kemudian kita download Instaler untuk emulator androidnya(SDK) disini 
  3. download platform tools untuk androidnya disini 
  4. kemudian kita download platform android yg akan kita gunakan, dalam hal ini saya menggunakan GingerBread. bisa didownload disini 
  5. bagi yang belum punya eclipse(IDE untuk membuat aplikasi android) bisa didownload disini 
  6. kemudian kita download plugin untuk eclipsenya yaitu ADT. download disini 
Jika semuanya sudah didownload, berarti kita siap untuk tahapan instalasi. Mungkin ada yang bertanya, kenapa mau instal android harus instal java segala? ya karena dasarnya android itu java, jadi mau gak mau kita harus instal java juga, tapi ternyata ada juga loh cara ngoding di android tanpa menggunakan bahasa java. Bahasa yang dipakai buat ngoding bahasa visual basic. Saya pernah baca artikelnya, nanti kalo inget saya buat tutorialnya deh..

Lanjut ke tahap instalasi, yang saya tahu eclipse itu bersifat portable, jadi tanpa diinstal kita sudah bisa menjalankan programnya, jadi langkah pertamanya adalah buka eclipsenya.


Jika sudah kita pilih menu help>instal new software, seperti pada gambar diatas.Nanti akan keluar sebuah window, kemudian kita klik add pada window tersebut :
Isi, apa saja pada kotak masukan Name, misal sobat masukan ADT, atau ADT Plugin sesuai kemauan sobat. Lalu pada kotak masukan location sobat klik local, kemudian pilih adt yang sudah didownload sebelumnya, atau masukan url https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ jika sobat mau eclipsenya mencari adt sendiri secara online. Jika sudah, nanti akan keluar tampilan seperti dibawah, di klik next aja sampai finish.


nanti aplikasi akan menginstal otomatis.
Nanti eclipse akan merestart otomatis, dan jika eclipsnya sudah terbuka lagi, ia akan meminta pengaturan dari sdk yang akan kita gunakan nantinya. Ow iya, kita diharuskan untuk meng extract android sdk yang sudah kita download sebelumnya, kita bisa meletakannya dimana saja, tetapi biar mudah dicari, sobat extract saja di drive C:\Android\
kemudian kita extract juga platform yang kita download sebelumnya kedalam folder platform yang merupakan sub folder dari android-sdk-windows.
jika sudah, klik icon avd. Kemudian kita buat emulator yang akan digunakan dalam eclipse kita. Jika icon avd sudah di klik, nanti akan keluar window seperti dibawah ini :
 
disini kita pilih, pilihan virtual device, kemudian akan keluar window lagi seperti pada gambar dibawah : 
 pada target, isikan jenis android yang kita ingin buat emulatornya, setiap tipe android, biasanya emulator yang digunakan berbeda-beda, ada yang jenis handphone, atau tablet, ukuran layarnya juga berbeda-beda. Jika sudah lengkap yang diisikan kita klik tombol create avd.
Jika sudah semua, kita klik start>launch ,dan emulator yang kita instal akan keluar 

Leave a Reply